Rabu, 17 Maret 2010

Analisa Game Engine

Definisi Game Engine
Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Program game engine seluruhnya berorientasi objek. Dia lebih bersifat reaktif daripada prosedural. Sulit untuk menggambarkan engine secara keseluruhan dalam flow-chart, karena alur program bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai engine, yaitu game programmer.

Istilah "Game Engine" pertama kali muncul pada pertengahan 1990-an, terutama berhubungan erat dengan proyek game 3D.

Tipe-tipe Game Engine
Berikut ini adalah tipe-tipe dari game engine :

Roll-your-own game engine.
Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol.

Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

Mostly-ready game engines.
Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.

Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.

Point-and-click engines.
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.

Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.

Macam-macam Game Engine
Game Engine terdiri dari 2 jenis, yaitu Game Engine Open Source dan Game Engine Commercial.


Freeware game engines/open source game engine:
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- Aleph One
- Axiom Engine
- Allegro Library

Commercial engines/game engine berbayar (komersial):
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- 3D GameStudio
- RPG Maker VX


Perbandingan 2 Game Engine (Free dan Commercial)
Freeware Game Engine
Bender
Commercial Game Engine
3DGameStudio
Kelebihan:
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. 
Untuk membuat game di Blender kita tidak perlu jago pemograman, jika kita hanya ingin membuat game sederhana anda cukup mempelajari tool-tool yang disediakan oleh blender tanpa harus menggunakan “script” sedikitpun.
Kelebihan:

Sofware ini cukup mudah dipelajari, walaupun pada pertama kalinya ada tampilan yang ramai dengan berbagai ikon, dengan cepat kita bisa membuat sebuah game dengan genre FPS nyaris tanpa memprogram karena didalam software ini sudah ada beberapa template yang siap pakai.

Ada 3 editor yang digunakan dalam 3D Gamestudio, yaitu world editor (wed) untuk membuat level, model editor (med) untuk membuat model 3D, dan script editor (sed) untuk scripting. Dengan adanya 3 editor ini maka anda dapat dikatakan sudah bisa membuat game 3d tanpa menggunakan tools yang lain.
Kekurangan:
Sulit untuk memahaminya, karena GUI yang ditawarkan membuat user sedikit bingung.
Kekurangan:
Untuk materi pembelajaran yang kompleks, mempelajari 3D Gamestudio membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan Game engine lain, karena software ini memang bisa membuat game dengan fitur AAA yang dianggap sebagai standar komersil. Namun bisa dikatakan untuk membuat game yang apik dengan 3DGamestudio bukan pekerjaan yang mudah. Selain dibutuhkan artis yang membuat model dan tekstur yang bagus, juga dibutuhkan scripting yang bagus pula.





Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://samuelhenry.com/3d-gamestudio
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://aprilianz.blogspot.com

Sumber gambar :
http://www.uraldev.ru/engines/files/14/3dgame_studio1.jpg