Kamis, 25 Maret 2010

Perancangan Input/Output Game

Sebelum menjabarkan secara seksama mengenai input/output game, saya akan menjelaskan terlebih dahulu keseluruhan dari konsep game yang saya buat. Game yang saya rancang mempunyai tema “Interactive Game” yaitu sebuah game yang memungkinkan antara player dan karakter pada game saling berkomunikasi, walaupun hanya sebatas pertanyaan-pertanyaan yang bisa dijawab dengan button yang disediakan. Interactive game yang saya rancang mengambil tema love atau cinta didalamnya.
Story board :
Ada seorang karakter pada game yang bernama DONI memiliki reputasi seorang playboy. Disini diceritakan ia dapat dengan mudah menaklukan berbagai macam tipe wanita, namun ada satu wanita yang sangat tegas menolak Doni, namanya adalah ANNA. Doni bersikeras untuk mendapatkan Anna, karena sepertinya ia benar-benar menemukan sosok wanita yang paling dicarinya selama ini, namun Anna tidak begitu saja menerima Doni menjadi belahan jiwanya. Anna memberi syarat kepada Doni jika ia benar-benar tertarik pada dirinya, syarat itu adalah melewati semua tantangan yang ada di LOVE WORLD.

Love World terdiri dari 8 tingkatan level dimana setiap dua level sekali tantangan yang ada akan berubah. Di setiap akhir level, ada sebuah reward untuk sang karakter jika ia berhasil menyelesaikannya, reward tersebut adalah SECRET WORDS, yaitu sebuah kata-kata mutiara mengenai cinta dan kasih sayang, sehingga karakter pada game dapat belajar mengenai arti cinta yang sesungguhnya.

Untuk menembus 8 tingkatan level dan berhasil mencapai ujung Love World, karakter pada game diharuskan mendapatkan barang-barang yang disebut WEAPONS OF LOVE, barang-barang ini digunakan agar sang karakter pada game dapat lebih peka terhadap pasangan yang dicintainya, sehingga kemungkinan untuk diterima menjadi lebih besar. Weapons of Love dapat diraih jika sang karakter berhasil menyelesaikan sebuah tantangan, artinya setiap memenangkan 2 level sekali, Weapons of Love berhak didapatkan oleh sang karakter.

Ada fitur penambahan lain di Love World yang disebut TIME MACHINE, dimana jika player sudah menyelesaikan sebuah level pada game, mereka akan diberi Password yang bisa digunakan ketika ia nanti sewaktu-waktu ingin load atau memanggil level tersebut jika sudah keluar dari game, dan memulai game baru tanpa ingin melewati level-level yang sudah dilewatinya. Fitur load bisa ditemukan di opening game.

Di akhir cerita yang artinya semua tantangan sudah dilewati Doni dan sudah mencapai ujung Love World, Doni akan bertemu dengan Anna, ia akan mengungkapkan semua isi hatinya kepada Anna, dan ia meyakinkan Anna bahwa ia telah menemukan arti cinta sesungguhnya setelah melewati berbagai macam rintangan di Love World. Anna tidak langsung menerimanya, ia akan berkonsultasi dahulu kepada kita (Player) mengenai apa keputusan yang harus diambil untuk menjawab tawaran cinta dari Doni. Game akan selesai ketika Anna sudah mengambil keputusan yang dianggap sudah paling baik.

Rancangan Input :
1. Opening Game
a. Terdiri dari beberapa image yang mencitrakan suasana love games.
b. Memiliki dua button, Enter, dan Load.
c. Ada image khusus yang menandakan karakter utama pada game.
d. Animasi frame yang ditampilkan memiliki rentang waktu yang singkat.
e. Jika menekan ”Enter”, maka game akan langsung berjalan ke proses selanjutnya (introducing character).
f. Jika menekan ”Load”, akan muncul window baru yang memungkinkan user untuk me-load game ke level tertentu.

2. Introducing Character
a. Terdiri dari background gradasi biru muda, dan image karakter utama (Doni, dan Anna).
b. Percakapan berlangsung dengan memperkenalkan diri kepada player.
c. Terdapat tambahan image lain (mantan-mantan Doni).
d. Percakapan terkadang terjadi antara Doni-Anna, Doni-Player, dan Anna-Player.
e. Interactive button, dimana ketika di klik, Doni akan merespon sesuai dengan kondisinya.
f. Adanya percakapan dengan player, dimana Doni mengajak ikut serta ke Love World untuk membantunya. Pilihan yang ada ”Ya”, ”Ragu”, dan ”Tidak”.
g. Jika memilih ”Ya”, langsung menuju game.
h. Jika memilih ”Ragu”, Doni akan kembali membujuk sang player.
i. Jika memilih ”Tidak”, Doni akan menyatakan perasaan kecewanya terhadap player, lalu player akan langsung keluar dari game.

3. Game
a. Perkenalan Love World, Secret Words,dan Weapons of Love.
b. Memulai game atau tantangan 1 (terdiri 2 level), gamenya adalah Shooting (menembak).
c. Mendapatkan password Time Machine di setiap level.
d. Menampilkan SecretWords di setiap level.
e. Menampilkan Weapons of Love di setiap dua level.
f. Memulai game atau tantangan 2 (terdiri 2 level), gamenya adalah Hitting (memukul objek).
g. Memulai game atau tantangan 3 (terdiri 2 level), gamenya adalah Driving the Car (mengemudi mobil).
h. Memulai game atau tantangan 4 (terdiri 2 level), gamenya adalah Broken The Heart (sejenis game seperti Hangman).
i. Setelah selesai, langsung menuju ke ending game.

4. Ending game
a. Doni menyatakan perasaannya kepada Anna.
b. Anna merespon dengan berkonsultasi dengan player.
c. Player memberi respon sesuai dengan tombol yang disediakan.
d. Anna akan berfikir untuk mengambil keputusan yang tepat.
e. Jika sudah memilih, Anna dan Doni mengucapkan terima kasih kepada player, lalu game akan langsung selesai.

Rancangan Output :